Beragam Adat Pernikahan di Indonesia

Upacara pernikahan adat Jawa.


koranWedding.com - Adat pernikahan adalah salah satu proses mensakralkan suatu hubungan dengan tata cara yang sudah dilakukan oleh banyak orang di suatu daerah tertentu.

Adat pernikahan di Indonesia beraneka ragam, ada beberapa adat pernikahan yang kita sering jumpai di Indonesia antara lain adat pernikahan Jawa, adat pernikahan Betawi, adat pernikahan Tionghoa, adat pernikahan Melayu, adat pernikahan Minangkabau, adat pernikahan Sunda, adat pernikahan Batak, dan masih banyak yang lainnya.

Indonesia memiliki berbagai ragam suku dan kebudayaan. Biasanya upacara adat pernikahan dilangsungkan jika mempelai wanita dan pria sama-sama berasal dari suku yang sama.

Bila memiliki perbedaan suku antara pria dan wanita tersebut upacara adat jarang sekali dilakukan. Mereka akan lebih memilih upacara adat pernikahan secara umum atau yang biasa kita kenal dengan penikahan modern (mengikuti tata cara budaya barat).  

Namun ada kalanya adat pernikahan dapat dijalankan apabila salah satu keluarga baik pria atau wanita mengalah dalam melaksanakan upacara pernikahan.

Adat pernikahan biasanya memiliki syarat dan ketentuan berlaku dalam menjalankannya. Oleh sebab itu para mempelai wanita dan pria wajib tahu apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan upacara adat pernikahan tertentu.

Bila anda merupakan salah satu dari mereka yang memiliki perbedaan suku dan akan menjalankan pernikahan, ada baiknya jika anda merundingkannya dahulu atau berembug mencari jalan keluar yang baik dalam melaksanakan upacara pernikahan. Karena mengingat pernikahan ini hanya dilakukan satu kali seumur hidup idealnya.

Jika terjadi kata sepakat, adat pernikahan apapun dapat dijalankan dengan baik dan iklas dari kedua belah pihak (pihak wanita dan pria). Oleh sebab itu, membekali diri dengan pengetahuan mengenai adat pernikahan apa yang akan dipakai sangatlah penting.

Jangan sampai di tengah prosesi upacara adat pernikahan terjadi salah paham yang seharusnya tidak terjadi. Semoga dengan menjalankan prosesi adat pernikahan yang telah anda tetapkan, membangun keluarga yang sakinah dapat dijalankan dengan baik. Amin. (jek)




website stat