Kenapa Orang Batak Harus Menikah Satu Suku? Ini Jawabannya

Ilustrasi Pernikahan Adat Suku Batak, Sumatera Utara.


koranWedding.com - Sudah menjadi tradisi budaya di suku Batak, Sumatera Utara ada tuntutan untuk orang suku Batak harus menikah dengan sesama suku mereka?

Adakah dari Anda orang suku batak yang dapat menjawabnya? Apakah jawaban yang dapat Anda berikan sama dengan jawaban yang kami berikan ke orang yang menanyakan pertanyaan terkait judul berikut di atas seperti ini:

1. Agar Paham Adat Istiadat

Sebagian alasan orang tua menyarankan atau bahkan menuntut muda/mudi dari suku Batak agar menikah dengan sesama suku adalah untuk alasan agar pasangan yang dipilih mengetahui juga mengenai aturan dan tata cara suku Batak.

Seperti diketahui, setiap kegiatan acara yang berkaitan dengan hidup keseharian orang suku Batak, sering kali diikuti dengan acara (ritual) adat istiadat, contoh kecilnya pada saat memasuki rumah baru, atau menyambut kelaharian anak.

Untuk kegiatan-kegiatan tersebut, orang suku Batak memiliki adat istiadat tersendiri untuk menyambutkan.

Jika pasangan Anda bukan datang dari orang suku Batak, bagaimana dia dapat mengetahuinya, atau bagaimana acara adat tersebut dapat berlangsung?, sedangkan pasangan Anda tidak mengetahui secara jelas.

Dengan demikian, jelas sebenarnya tujuan orang tua meminta kita untuk menikahi sesama orang Batak untuk melesetarikan budaya suku Batak itu sendiri kedepannya.

2. Agar Tahu Sopan Santun/Tata Krama

Setiap suku apa saja di Indonesia ini, tentu memiliki ajaran sopan santun dan tata krama yang baik di lingkungan hidup yang di ajarkan untuk si anak, termasuk pada keturunan orang suku Batak.

Tapi permasalahan yang muncul dan menjadi alasan orang tua menuntut kita agar menikahi sesama orang batak adalah karena keyakinan orang tua pada keturuan orang suku Batak yang lebih sopan dan tahu tata krama yang baik, khususnya tata krama pada lingkungan keluarga.

Padahal jika boleh sedikit jujur, di luar sana banyak diantara keturunan suku Batak yang tidak mengetahui tutur sapah yang baik di lingkungan dan keluarga dalam kehidupan sehari-hari, ajaran tutur sapah ini disebut Tarombo atau Martarombo.

Dalam ajaran Pertaromboan, sangat jelas bagaimana tutur sapah berlangsung, semua berjalan secara turun temurun, yang muda harus menghargai yang tua, dan lain-lain. Dengan demikian, jelas alasan orang tua meminta kita untuk menikahi sesama orang suku batak, agar pasangan anda menghormati keluarga anda, termasuk orang tua anda nantinya.

3. Agar Se-Iman #Kristen

Mayoritas di tanah Batak, orang-orang suku Batak memeluk agama Kristen sebagai kepercayaan dan diturunkan ke anak cucu sampai saat ini. Dalam ajaran agama Kristen, kita umat kristen juga diwajibkan untuk berpasangan dengan sesama umat kristen, seperti yang di jelaskan di ayat Alkitab berikut:

2 Korintus 6:14-15, Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap? Persamaan apakah yang terdapat antara Kristus dan Belial? Apakah bagian bersama orang-orang percaya dengan orang-orang tak percaya?

Alasan terakhir dan kebanyakan alasan orang tua meminta kita untuk menikahi sesama orang suku Batak adalah karena urusan keyakinan, sesuai ajaran umat Kristen seperti yang tertuang pada ayat kitab suci Kristen Alkitab di atas.

Lantas bagaimana dengan Anda pembaca, khususnya muda-mudi dari suku Batak? Apakah ada jawaban lain yang dapat Anda berikan bagikan di sini terkait pertanyaan di atas? Silahkan berkomentar di bawah. Terimakasih. (jek)

 




website stat