Lebih Dekat dengan Pulau Lengkuas Belitung

Pulau Lengkuas.


koranWedding.com - Lengkuas adalah pulau kecil, terletak di arah utara Desa Tanjung Binga. Luas totalnya kurang dari satu hektar.

Di seputar pulau ada banyak pulau batu-batu granit yang bisa dicapai dengan berjalan kaki melintasi laut yang dangkal.

Struktur batu-batu granitnya juga unik dan berbeda dengan tempat-tempat lain dengan kombinasi pantai yang berpasir putih. Di sini air lautnya sangat  jernih, sehingga bisa jelas melihat ke dasar laut termasuk ikan-ikan yang berenang di dalamnya.

Tempat ini  memang pas untuk bermain air laut atau snorkling. Dan cocok untuk mereka yang baru menikah untuk berbulan madu.

Mahkota dari pulau Lengkuas sebenarnya adalah sebuah mercusuar tua, dibangun oleh Belanda sejak tahun 1882. Tinggi dari bagunan ini sekitar 70 meter. Setiap pengunjung bisa dengan bebas naik menuju puncak mercusuar.

Pemandangan dari puncak mercusuar Lengkuas sangat indah, karena bisa melihat sekeliling pulau dengan bebas.  

Mercusuar ini tidak terlihat dari pulau utama Belitung, tapi untuk menuju ke sana tidak sulit. Cukup mengarah ke pantai Tanjung Kelayang, yang hanya 30 menit dari pusat kota, lalu disambung dengan sewa perahu.

Biaya sewa perahu ini berbeda-beda, sekitar Rp 400 ribu untuk 10 orang. Perjalanan perahu ke Pulau Lengkuas tidak lama, hanya sekitar satu jam  jika ombak sedang tenang. (jek)




website stat